pembuka

Selasa

Apa itu Registry


Registry adalah database yang digunakan untuk menyimpan pengaturan dan pilihan untuk versi 32 bit dari Microsoft Windows termasuk Windows 95, 98, ME dan NT/2000. Ini berisi informasi dan setting untuk semua hardware, software, pengguna, dan preferensi dari PC. Setiap kali user membuat perubahan ke pengaturan Control Panel, atau File Associations, Kebijakan Sistem, atau perangkat lunak diinstal, perubahan tercermin dan disimpan dalam Registry.


File-file fisik yang membentuk registry disimpan berbeda tergantung pada versi Windows; di bawah Windows 95 & 98 itu terkandung dalam dua file tersembunyi dalam direktori Windows Anda, yang disebut USER.DAT dan SYSTEM.DAT, untuk Windows Me ada CLASSES.DAT tambahan file, sedangkan pada Windows NT/2000 file tersebut terkandung secara terpisah di% SystemRoot% \ System32 \ Config direktori. Anda tidak dapat mengedit file langsung, Anda harus menggunakan alat yang biasa dikenal sebagai "Registry Editor" untuk melakukan perubahan (menggunakan editor registri akan dibahas kemudian dalam artikel).

Struktur Registry
Registry memiliki struktur hirarki, meskipun tampak rumit struktur mirip dengan struktur direktori pada hard disk, dengan Regedit yang mirip dengan Windows Explorer.

Setiap cabang utama (dilambangkan dengan icon folder dalam Registry Editor, lihat kiri) disebut Hive, dan Gatal-gatal mengandung Keys. Setiap tombol dapat berisi kunci lainnya (kadang-kadang disebut sebagai sub-keys), serta Nilai. Nilai-nilai berisi informasi aktual yang disimpan dalam Registry. Ada tiga jenis nilai; String, Binary dan DWORD - penggunaan ini tergantung pada konteks.

Ada enam cabang utama, masing-masing berisi porsi spesifik dari informasi yang disimpan dalam Registry. Mereka adalah sebagai berikut:


  •  HKEY_CLASSES_ROOT - Cabang ini berisi semua asosiasi file pemetaan untuk mendukung fitur drag-and-drop, informasi OLE, shortcut Windows, dan aspek inti dari user interface Windows.
  • HKEY_CURRENT_USER - Cabang ini link ke bagian HKEY_USERS yang sesuai bagi pengguna sedang login pada PC dan berisi informasi seperti nama login, setting desktop, dan Start Menu pengaturan
  • HKEY_LOCAL_MACHINE - Cabang ini berisi informasi spesifik tentang komputer jenis perangkat keras, perangkat lunak, dan preferensi lain pada PC tertentu, informasi ini digunakan untuk semua user yang login ke komputer ini.
  •  HKEY_USERS - cabang ini berisi preferences individu untuk setiap user komputer, setiap user diwakili oleh sub-key SID yang terletak dibawah cabang utama.
  •  HKEY_CURRENT_CONFIG - cabang ini link ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINE yang sesuai untuk konfigurasi perangkat keras saat ini.
  •  HKEY_DYN_DATA - cabang ini menunjuk pada bagian dari HKEY_LOCAL_MACHINE, untuk digunakan dengan fitur Plug-&-Play Windows, bagian ini adalah dymanic dan akan berubah sebagai perangkat yang ditambahkan dan dihapus dari sistem.
Data lain jenis tidak tersedia melalui registry editor standar termasuk:


* REG_DWORD_LITTLE_ENDIAN - Sejumlah 32-bit little-endian format.
* REG_DWORD_BIG_ENDIAN - Sejumlah 32-bit dalam format big-endian.
* REG_LINK - Sebuah link simbolik Unicode. Digunakan secara internal, aplikasi sebaiknya tidak menggunakan jenis ini.
* REG_NONE - Tidak ada jenis nilai yang ditetapkan.
* Reg_qword - Sejumlah 64-bit.
* REG_QWORD_LITTLE_ENDIAN - Sejumlah 64-bit little-endian format.
* REG_RESOURCE_LIST - Daftar sumber daya perangkat-driver.



Mengedit Registry

Registry Editor (Regedit.exe) disertakan dengan versi Windows (meskipun Anda tidak akan menemukannya di Start Menu) memungkinkan Anda untuk melihat, mencari dan mengedit data di dalam Registry. Ada beberapa metode untuk memulai Registry Editor, yang paling sederhana adalah dengan mengklik tombol Start, kemudian pilih Run, dan dalam jenis kotak Buka "regedit", dan jika Registry Editor diinstal hal ini seharusnya membuka dan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Sebuah Registry Editor alternatif (Regedt32.exe) tersedia untuk digunakan dengan Windows NT/2000, itu termasuk beberapa fitur tambahan yang tidak ditemukan dalam versi standar, termasuk, kemampuan untuk melihat dan memodifikasi izin keamanan, dan mampu membuat dan memodifikasi diperpanjang tali nilai REG_EXPAND_SZ & REG_MULTI_SZ.

Membuat Shortcut untuk Regedit
Hal ini dapat dilakukan dengan hanya mengklik kanan area kosong pada desktop Anda, memilih New, kemudian Shortcut, kemudian di kotak Command line masukkan "regedit.exe" dan klik Next, masukkan nama ramah ('Registry Editor' misalnya) kemudian klik Selesai dan sekarang Anda dapat klik dua kali pada ikon baru untuk memulai Registry Editor.

Menggunakan regedit untuk mengubah Registry
Setelah Anda mulai Regedit, Anda akan melihat bahwa di sisi kiri terdapat pohon dengan folder, dan di sebelah kanan isi (nilai) dari folder yang sedang dipilih.

Seperti Windows explorer, untuk memperluas cabang tertentu (lihat struktur bagian registri), klik pada tanda plus [+] di sebelah kiri folder manapun, atau hanya klik dua kali pada folder. Untuk menampilkan isi dari kunci (folder), klik saja tombol yang dikehendaki, dan melihat nilai-nilai yang tercantum di sisi kanan. Anda dapat menambahkan kunci baru atau nilai dengan memilih New dari menu Edit, atau dengan mengklik kanan mouse Anda. Dan Anda bisa merubah nama nilai dan hampir semua key dengan metode yang sama digunakan untuk mengubah nama file, klik kanan pada objek dan klik rename, atau klik dua kali (lambat), atau hanya tekan F2 pada keyboard. Terakhir, Anda dapat menghapus kunci atau nilai dengan mengklik di atasnya, dan menekan Delete pada keyboard, atau dengan mengklik kanan di atasnya, dan memilih Hapus.

Catatan: itu selalu merupakan ide yang baik untuk cadangan registri Anda sebelum membuat perubahan. Dapat menakutkan bagi pengguna baru, dan selalu ada kemungkinan mengubah atau menghapus pengaturan yang kritis menyebabkan Anda harus menginstal ulang seluruh sistem operasi. Ini jauh lebih baik aman daripada menyesal!

Mengimpor dan Mengekspor Pengaturan Registry

Keunikan dari Registry Editor itu kemampuan untuk mengimpor dan mengekspor setting registry ke file teks, file teks, diidentifikasi dengan ekstensi REG., Kemudian dapat disimpan atau dibagi dengan orang lain untuk dengan mudah memodifikasi setting registry lokal. Anda dapat melihat layout dari file teks dengan hanya mengekspor kunci untuk sebuah file dan membukanya di Notepad, melakukan ini dengan menggunakan Registry Editor pilih kunci, kemudian dari menu "Registry" pilih "Export Registry File ..." , pilih nama file dan simpan. Jika Anda membuka file ini di notepad anda akan melihat file yang mirip dengan contoh di bawah ini:

Quote:

REGEDIT4

[HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ Setup]
"SetupType" = dword: 00000000
"Cmdline" = "setup-newsetup"
"SystemPrefix" = hex: d5, 0b, 00,00,00,40,36,02


Layout cukup sederhana, REGEDIT4 menunjukkan jenis file dan versi, [HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ Setup] menunjukkan nilai-nilai kunci adalah dari, "SetupType" = dword: 00000000 adalah nilai-nilai sendiri bagian setelah "=" akan bervariasi tergantung pada jenis nilai mereka; DWORD, String atau Binary.

Jadi hanya dengan mengedit file ini untuk membuat perubahan yang Anda inginkan, kemudian dapat dengan mudah didistribusikan dan semua yang perlu dilakukan adalah klik dua kali, atau pilih "Import" dari menu Registry, untuk pengaturan yang akan ditambahkan ke sistem Registry.

Menghapus kunci atau nilai-nilai menggunakan file REG
Hal ini juga memungkinkan untuk menghapus kunci dan nilai menggunakan file REG. Untuk menghapus kunci mulai dengan menggunakan format yang sama dengan file REG diatas, tapi menempatkan "-" simbol di depan nama tombol yang ingin Anda hapus. Sebagai contoh untuk menghapus [HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ Setup] kunci file reg akan terlihat seperti ini:

Quote:

REGEDIT4

[-HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ Setup]


Format digunakan untuk menghapus nilai-nilai individu adalah serupa, tetapi bukan tanda minus di depan seluruh kunci, tempat itu setelah tanda sama nilai. Misalnya, untuk menghapus nilai "SetupType" file akan terlihat seperti:

Quote:

REGEDIT4

[HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ Setup]
"SetupType" = -


Gunakan fitur ini dengan hati-hati, seperti menghapus kunci yang salah atau nilai dapat menyebabkan masalah besar dalam registri, jadi ingatlah untuk selalu membuat backup terlebih dahulu.

Regedit Command Line Pilihan
Regedit memiliki sejumlah opsi baris perintah untuk membantu mengotomatisasi itu digunakan dalam salah satu file batch atau dari prompt perintah. Di bawah ini adalah beberapa pilihan, perlu diketahui sistem beberapa fungsi beroperasi tertentu.



  •  Regedit.exe [opsi] [nama file] [regpath]
  •  [Nama file] Impor. Reg ke dalam registri
  •  / S [nama file] impor, Diam yaitu menyembunyikan kotak konfirmasi ketika mengimpor file
  •  / E [nama file] [regpath] Ekspor registri untuk [nama file] mulai [regpath]
  • misalnya regedit / e file.reg HKEY_USERS \. DEFAULT
  •  / R: sistem Tentukan lokasi system.dat untuk menggunakan
  • / R: user Menentukan lokasi user.dat untuk menggunakan
  •  / C [filename] Compress (Windows 98)
  •  / D [regpath] Hapus kunci tertentu (Windows 98)


Mempertahankan Registry

Bagaimana Anda melakukan backup dan mengembalikan Registry?

Windows 95
Microsoft termasuk sebuah utilitas pada 95 CD-ROM Windows yang memungkinkan Anda membuat backup Registry pada komputer Anda. Konfigurasi Microsoft Backup program, CFGBACK.EXE, dapat ditemukan di \ Other \ direktori \ Misc Cfgback pada CD-ROM Windows 95. Utilitas ini memungkinkan Anda membuat sampai sembilan backup copy yang berbeda dari Registry, yang menyimpan dengan ekstensi RBK, dalam direktori Windows Anda \. Jika sistem Anda sudah diatur untuk beberapa pengguna, CFGBACK.EXE tidak akan membuat cadangan file USER.DAT.

Setelah Anda telah membuat salinan cadangan Registry, Anda dapat menyalin file RBK ke floppy disk untuk disimpan. Namun, untuk memulihkan dari cadangan, file RBK harus berada di direktori Windows \. Windows 95 menyimpan backup dalam bentuk terkompresi, yang kemudian dapat mengembalikan hanya dengan menggunakan utilitas CFGBACK.EXE.

Windows 98
Microsoft Windows 98 secara otomatis membuat salinan cadangan dari registri setiap kali Windows dimulai, selain itu Anda dapat secara manual membuat cadangan menggunakan utilitas Registry Checker dengan menjalankan scanregw.exe dari Start | Run menu.

Apa yang harus dilakukan jika Anda mendapatkan Registry Rusak
Windows 95, 98 dan NT semua memiliki mekanisme cadangan sederhana registri yang cukup handal, meskipun Anda tidak boleh hanya mengandalkan itu, ingatlah untuk selalu membuat backup terlebih dahulu!

Windows 95
Dalam direktori Windows ada beberapa file yang tersembunyi, empat dari ini akan SYSTEM.DAT & USER.DAT, registri Anda sekarang, dan SYSTEM.DA0 & USER.DA0, cadangan registri Anda. Windows 9x memiliki reature bagus di setiap kali tampaknya mulai berhasil akan menyalin file-file registri atas cadangan, jadi kalau-kalau ada masalah bisa dapat mengembalikannya ke keadaan yang baik. Untuk mengembalikan registri ikuti instruksi ini:
[List = 1]


  •  Klik tombol Start, lalu klik Shut Down.
  •  Klik Restart Komputer Pada MS-DOS Mode, kemudian klik Ya.
  •  Ubah ke direktori Windows Anda. Misalnya, jika Anda direktori Windows adalah c: \ windows, Anda akan ketik berikut ini:


cd c: \ windows

* Ketik perintah berikut, dengan menekan ENTER setelah masing-masing. (Perhatikan bahwa SYSTEM.DA0 dan USER.DA0 mengandung angka nol.)

attrib-h-r-s system.dat
attrib-h-r-s system.da0
copy system.da0 system.dat
attrib-h-r-s user.dat
attrib-h-r-s user.da0
salinan user.da0 user.dat

* Restart komputer Anda.



Setelah prosedur ini akan mengembalikan registry ke kondisi ketika Anda terakhir berhasil memulai komputer Anda.

Jika semuanya gagal, ada file pada hard disk bernama System.1st yang telah dibuat ketika pertama kali Windows 95 berhasil diinstal. Jika perlu Anda juga bisa mengubah atribut file dari file ini dari read-only dan tersembunyi untuk arsip untuk menyalin file ke C: \ WINDOWS \ SYSTEM.DAT.

Windows NT
Pada Windows NT Anda dapat menggunakan baik "Terakhir Diketahui Baik" pilihan atau rdisk untuk mengembalikan ke registry untuk konfigurasi bekerja stabil.

Bagaimana saya bisa membersihkan data lama dari Registry?
Meskipun mungkin secara manual melalui Registry dan menghapus entri yang tidak diinginkan, Microsoft menyediakan alat untuk mengotomatisasi proses ini, program ini disebut RegClean. RegClean menganalisis tombol Windows Registry disimpan di lokasi umum di Windows Registry. Ia menemukan kunci yang mengandung nilai-nilai yang salah, ia bisa menghilangkan mereka dari Windows Registry setelah merekam entri-entri dalam file Undo.Reg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar